BlackBox Simulation : Airbus Widebody X-Treme Prologue 0.85.2 Review!

Pertama saya mengucapkan selamat datang dan terimakasih karena sudah mengunjungi blog saya ini. Kali ini saya akan meninjau sebuah add-on keluaran BlackBox Simulation (BBS) yaitu Airbus Widebody X-Treme Prologue. Produk ini tersedia untuk Microsoft Flight Simulator X, Microsoft Flight Simulator X : Steam Edition, Prepar3D V.2, dan juga Prepar3D V.3

Setelah anda meinstall add-on ini, akan terinstall pula BlackBox PreFlight Manager v1.0

untitled

Aplikasi ini sangat berguna bagi anda untuk melakukan persiapan sebelum penerbangan (preflight), dimana anda dapat mengatur, konfigurasi kabin pesawat yang akan anda bawa, jumlah pilot dan awak kabin yang anda akan bawa, bahkan jumlah catering yang akan anda bawa. Lalu. anda dapat mengatur jumlah penumpang yang akan anda angkut beserta cargonya, dan juga bahan bakar yang akan ada bawa untuk penerbangan. Sungguh saya terkejut dengan update yang dibuat oleh BBS ini, karena sangat mendetil.

0ffd60bbc7796d1dd66c1b0c56c00f39_f455

Tanggal 24 Desember 2016 kemarin, saya mencoba untuk menggunakan add-on ini dalam penerbangan medium haul, sekitar 8-9 jam, dengan tujuan untuk mengetest performa dan sistem dari add-on ini. Saya menerbangkan route Abu Dhabi International Airport menuju Soekarno-Hatta International Airport. Saya terbang sebagai JEZ416 di IVAO (IVAO Tracker JEZ416 : http://tracker.ivao.aero/flightDetail.php?sessID=17817555)

Saya melakukan preflight menggunakan aplikasi yang diberikan BBS dan mengikuti semua prosedur yang ada, lalu saya lepas landas dari Abu Dhabi (AUH) menuju Soekarno-Hatta (CGK), add-on ini sangat stabil dan sangat bisa diandalkan, anda tidak perlu takut akan terjadi kesalahan sistem dan sebagainya, apalagi saya yang hanya mengandalkan spec pas-pas an. Penerbangan selama 8-9 jam tersebut sukses diselesaikan dengan baik.

Add-on ini sangat cocok bagi anda yang ingin menerbangakan A330 ataupun A340 apalagi jika spec komputer anda relatif rendah. Hal lain yang saya lihat adalah, dari sisi kelengkapan, add-on ini terbilang cukup lengkap, dengan FMGC pesawat yang bisa mengatur buka-tutup pintu pesawat, lalu pilihan engine pesawat yang ditawarkan sangatlah lengkap. Saya juga sudah mencoba untuk merepaint add-on ini dan BBS memberikan kemudahan bagi para repainter. Cara repaint yang sangat mudah, bahkan photoshoper newbie seperti saya pun bisa melakukannya.

Kedepannya, add-on ini akan kedatangan saingan, khusunya A330, karena pada saat ini Aerosoft sedang mengembangkan A330. Tentu kita dapat melihat betapa detilnya produk-produk Aerosoft sebelumnya. Namun seperti yang kita ketahui, untuk menggunakan produk dari Aerosoft diperlukan spec yang lumayan tinggi, maka kembali lagi, produk BBS ini sangatlah direkomendasikan bagi anda sidestick flyer yang ingin menerbangankan A330/A340.

Sekian review kali ini, silahkan bagi anda yang mau bertanya maupun berpendapat bisa ditulis dibagian komentar. Terimakasih, salam!

2 thoughts on “BlackBox Simulation : Airbus Widebody X-Treme Prologue 0.85.2 Review!

Leave a Reply

